Monday, November 23, 2020

Materi Tema 4 Subtema 1 Muatan Pelajaran PPKn

Materi PKN KD 3.1 dan 4.1
Pancasila

Sebelum mulai membaca materi, simaklah video berikut ini

Pancasila merupakan dasar negara Republik Indonesia. Pancasila berasal dari bahasa sansekerta. Panca artinya lima dan sila artinya asas. Jadi, Pancasila berarti lima asas yang digunakan sebagai pedoman hidup rakyat Indonesia. Sila-sila Pancasila dan simbolnya adalah sebagai berikut


Ketuhanan yang Maha Esa
Makna bintang yang berwarna emas adalah cahaya yang dapat menerangi kehidupan manusia. Latar berwarna hitam melambangkan warna alam atau warna asli.
Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Mata rantai berbentuk persegi melambangkan laki-laki, sedangkan lingkaran melambangkan perempuan. Mata rantai yang melingkar melambangkan semua rakyat harus bersatu, baik laki-laki maupun perempuan, sehingga menjadi kuat seperti rantai.




Persatuan Indonesia

Pohon beringin memiliki daun rindang yang bermakna sebagai tempat berteduh atau berlindung rakyat Indonesia. Akar dan salur pada pohon beringin melambangkan keragaman Indonesia yang bersatu.





Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyaratan/perwakilan

Banteng adalah hewan sosial yang suka berkumpul agar terhindar dari pemangsa. Begitu juga dalam bermusyawarah, orang-orang berkumpul dan bermusyawarah untuk mengambil keputusan.




Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Padi dan kapas melambangkan kebutuhan pokok pangan dan sandang untuk mencapai kemakmuran negara.




0 comments:

Post a Comment